Selasa, 01 Maret 2011

Apa itu 'JABIG' ???

Untuk pertama kali ngeposting, admin mau cerita sedikit tentang 'JABIG'. Secara tidak langsung kata-kata 'JABIG' akan menjadi kata yang nantinya akan menjadi kata yang familiar dalam blog ini.

Secara tertulis, 'JABIG' merupakan Jaket HMTG 'BUMI' STTNAS Yogyakarta berwarna biru yang sesuai pasal 17 BAB IX dalam AD HMTG 'BUMI'. Namun secara harfiah, 'JABIG' mempunyai kepanjangan dari JA= Jaket, BI= biru, dan G= Geologi. Jadi, JABIG merupakan kepanjangan dari Jaket Biru Geologi.

'JABIG' merupakan identitas loyalitas dalam menempuh studi perkuliahan dalam Jurusan Teknik Geologi STTNAS. 'JABIG' itu sendiri diberikan kepada anggota biasa yang mana anggota ini telah menjalani masa penerimaan sebagai anggota biasa sesuai pasal 3 BAB 1 dalam ART HMTG 'BUMI' ( lebih singkatnya anggota yang telah menjalani ospek jurusan yang disebut Gladi Bumi).

Penasaran penampakan 'JABIG', cekidot fotonya gan...



Jabig dalam full frame.. :D
lambang BUMI ada di lengan sebelah kiri
Nama mahasiswa dan NIM (sorry,,atas nama yang dipake,,hehe)
Kantong, sebagai tempat amunisi (kompas, buku, sample batuan dan tak salah kalau berisi makanan,,haha)
Itulah penampakan foto 'JABIG' yang selalu dipakai dalam setiap kegiatan formal HMTG 'BUMI'. 
'JABIG' merupakan identitas dari Jurusan Teknik Geologi STTNAS yang mana mempunyai banyak perbedaan dengan jaket lapangan dari jurusan geologi di institusi lain yang ada di Indonesia.
Cekidot foto samplenya gan...
ekskursi bersama ke Jatibarang,,,
O..iya, tidak ketinggalan, sebutan untuk orang yang memakai 'JABIG' disebut dengan 'JABIGER'. Jadi, kalau Mahasiswa Teknik Geologi STTNAS udah menjadi anggota biasa, maka mereka disebut dengan 'JABIGER'.
Cekidot foto 'JABIGER' di lapangan..
U can say  'JABIGER'
JABIG sebagai pelindung panas (lho..koq anak geologi takut panas...haha)
Mungkin itu saja yang bisa admin ceritain sekarang, apabila ada kekurangan dalam info atau penulisan admin minta maaf akan hal tersebut. Salam Geologi Selalu..!!!!!!!!!!

Sumber: Geoball in media bumi


2 komentar:

  1. FACT BEHIND:

    1. jabig pertama kali diperkenalkan tahun 1992. hanya ada lima belas jabig yang dibuat pada saat itu.

    2. jabig mengalami empat kali tranformasi yaitu:
    a. the original blue; ciri dada lebih terbuka dan kupluk yang lebih lebar. lambang bumi dibuat dengan bordir manual serta penomoran khusus dengan kode NKP (nomor kesetiaan pendiri). pemegang the original blue antara lain:
    -tantan trianaputra (88)
    -johny lede (88)
    -esther engelina liklikwatil (88)
    -muhammad rifai (89)
    -azhari "abbot" (89)
    -pongki (89)
    -erfinnirza siregar (90)
    -syamsu "mamang" rijal (90)
    -Hendra "paul" Rahmana (91)
    -diki subhan maulana (91)
    -milton TP Nainggolan (92)

    b. the warm blue; pertama kali dibuat tahun 1996. ciri, lebih curvy, terdapat segitiga yang lebih tertutup dibagian depan leher. jika dipakai tampak lebih maskulin.

    c. the fail era; kesimpangsiuran standarisasi bentuk jabig karena belum ada kesepakatan contoh jabig menghiasi era 1997 - 1999. mulai dari perbedaan warna biru, bentuk kupluk, serta kerapatan benang bordir membuat era ini disebut era kegagalan. namun arti jabig sendiri tetap berarti dihati bumiwan-bumiwati.

    d. everlasting blue; standarisasi bentuk jabig kemudian mengacu kembali pada the warm blue kecuali perubahan kerapatan bordir lambang yang kemudian disepakati tipis dan full computerized.

    3. JABIG pernah secara tak sengaja disebut JABRIK oleh bpk. pratama tahun 1993. Saat itu gladibumi masih bernama PLH (pengenalan lapangan dan himpunan)

    BalasHapus
  2. @bg ijal : thank bang dengan komentarnya. Rupanya banyak kenangan dan lika-liku jabig pada mulanya yah?? :D thank bg dah share info...
    Salam bumi selalu...

    BalasHapus